Sabtu, 30 Januari 2010

STOP LINE OH STOP LINE

STOP LINE, barisan berhenti? kekekek diartiinnya aneh ya...?
Tapi bukan... barisan yang berhenti bukan barisannya anak pramuka ya, he he
STOP LINE disini maksudnya produksi berhenti, penyebabnya bisa macam-macam, tapi penyebab yang paling utama sih karena engga ada material. alasannya bisa macam-macam juga.. karena lupa buka PO/order, lupa ngecek, atau karena memang raw material-nya yang lagi susah banget.

Kata-kata STOP LINE adalah dua kata yang paling aku takutkan selama kerja di PT. Nakajima.
karena akibat dari STOP LINE bisa lebih menakutkan lagi dari katanya sendiri. Schedule produksi yang terganggu, pemborosan biaya, baik untuk bayar tenaga kerja, listrik, dan juga biaya lain-lainnya, malah kadang-kadang EXPORT SHIPPING-nya yang jadi molor ujung-ujungnya masalah pembayaran dari customer juga jadi telat, jadi bisa engga gajian dong, amit amit jabang bayi deh ya, jangan sampe kejadian,
entar kalo ngga gajian, sasha (my first angel) ga bisa mimi susu dong ya.. wadohh ampun engga deh...

Aku, kerja di PT. Nakajima sudah 5 tahun lebih, dapet bagian Management Room, perasaan setahu aku ya, perusahaan lain ga ada tuh namanya departement Management Room, aneh ya bagian aku.
terus yang kerja di bagian ini, ada berapa orang ya? he he just me and Him! yes only me and the BIG BOSS, he is the MANAGING DIRECTOR from Japan. BOSS yang sangat paling ditakut se Nakajima, duh ko aku bisa ya tahan kerja sama dia. tapi ternyata hasil dari pengamatanku selama kerja dibawah beliau, sebenarnya orangnya baik..... banget lo. Terus kerjaanku apa sih? menurut aku sendiri sih banyak ya... salah satunya PPIC which i control material especially import parts from Spore, Taiwan, Malaysia, Japan and Hong Kong.  yang kadang-kadang karena kebanyakan ngelamun suka bikin STOP LINE, he he ko ngelamun bikin stop line ya, kalo isitilah kerennya MISS CONTROL kali ya... tapi jarang ko... (ngebela diri sendiri he he)
untung beberapa bulan terakhir ini, Hong Kong dah ku lepas...., Rika be good girl ya...jangan bikin stop line juga. Japan ku lepas juga ah, teman-teman jangan pada nanya lagi ya.. Japan parts is under Mr. Sakai di Jepun sono, i can only help seadanya aja! others country, bikin kepala ng-HANG!!! Malaysia parts OK, Singapore parts make me vomit blood, tapi masih mending karena di titik puncak masalah the BOSS turun langsung ngepush delivery he he, dan ajaib selalu ok kalo belio langsung ngomong ke supplier.  Mereka pada takut juga kali ya... yang terakhir TAIWAN duh, bukan aku aja tapi se NAKAJIMA dibikin pusing! apalagi si kakek IQC dah eneg banget kali ya... kirim barang pada reject mulu.. tapi yang salah siapa ya? mau barang bagus ko harganya murah?? situ yang ENAK, kita yang ENEK! ke siapa hayo.. .

dan malam ini, saat aku menulis sekarang jam 1 dini hari, teman-teman baru pada pulang dari pabrik, dapat info dari si BOSS Produksi bu NENI, maaf ya bu, maaf ya teman-teman ku sudah bikin susah kalian... hiks hiks.. (maaf ya BOSS-ku juga) tumben lo dikau ga marah... lagi pusing mikirin model baru yang mau jalan ya.., material buat PCB belum dapet juga. aku sudah lemparin masalahnya padamu ya...

dan penyebab temen-temen pada nginep dipabrik adalah..... material TAIWAN!!!
Mr. Charlie you killed me. padahal dia yang selalu bilang i kill him,
ceritanya dimulai dari saling kros cek balance orderan , ku kirim 2 lembar list yang memang part-part balance order G2 (istilah untk order bulan Januari) ternyata dari beberapa part itu ada yang engga ada stocknya, (ngomong-ngomong masalah stok kosong jadi inget kalo order ke oriflame)
kemudian beberapa hari setelahnya, bu NENI tanya 1 item ko kurang ya... ? hari rabu sore waktu itu... aku bilang sih dah aku arrange by air ko, harusnya ada. usut punya usut setelah cek ke TAIWAN, barangnya sudah dikirim pake kapal laut hari jumat. hah... GUBRAKK. cek bu NENI, kapan shipping, tanggal 29 Jan, HAH!! panik dah... dua hari lagi dong... barangnya kan jauh... gimana dong...
terpaksa deh, keluarin jurus pamungkasnya. MARAH ke supplier, kenapa ini kenapa itu. enak banget bilangnya ngga simpan listnya jadi lupa.. WADOH... kumaha ieu?

Mr. Charlie kupaksa untuk kirim barangnya hari kamis pesawat hari itu juga, tapi.... ternyata nyampe Jakarta hari ini jam empat sore, proses custom clearance-nya kapan dong....?
tapi masih beruntung juga, karena ada penolongnya...
thanks to P RUSMAN, stand by di Bandara he he, maaf Pak, ku merepotkanmu setiap saat.
akhirnya barang bisa keluar juga, jam 7an keluar dari bandara, nyampe karawang bisa dihitung kan.... jam 10!dan sekarang jam 1 dini hari produksi kelar ya...ALHAMDULILLAH....

Teman-teman ku sangat minta maaf ya....

selamat tidur...
siapin tenaga buat besok, hari SABTU lembur lagi....
SIAP smuanya...? tar kalo masih ngantuk, tidur di line ya... tapi jangan salah ny-crew ya.. he he

2 komentar:

  1. HUaaaa, baca-nya kok jadi deg-deg-an juga....

    BalasHapus
  2. menangani hal spt itu pasti ada report stop line nya kan...nah misalkan kita di bagian produksi trus terjadi stop line karena material...kira kira produksi buat laporan stop linenya seperti apa yaa ?
    kalo ada email ke saya yaa benk.benks@gmail.com thanks

    BalasHapus